Rekan-rekan operator sekolah mungkin sudah tau bahwa ada aplikasi online baru yang bernama VIP (Verifikasi Indonesia Pintar), tapi mungkin rekan-rekan masih banyak yg belum mengerti bagaimana cara mengerjakannya aplikasi tersebut, karena memang aplikasi ini masih dalam tahap penyempurnaan, oleh sebab itu panduannya memang belum diterbitkan. Tadi malam penulis mencoba-coba masuk ke dalam aplikasi Verifikasi Indonesia Pintar dan mencari tahu bagaimana sebenarnya pengerjaan dari aplikasi tersebut, setelah penulis amati dan ditelaah ternyata hampir mirip dengan pendataan seperti Verval Peserta Didik.
Penulis akan membagikan informasi seperti apa pengerjaan dari aplikasi Verifikasi Indonesia Pintar ini versi penulis, untuk lebih jelasnya bisa simak lebih lanjut
Untuk pertama kita buka dulu link situsnya http://pip.kemdikbud.go.id/ maka akan muncul halaman seperti dibawah ini
Setelah itu klik masuk dengan dapodik maka akan muncul halaman dibawah ini
Isikan dengan email dan password aplikasi dapodik, kemudian klik login. Muncul tampilan halaman muka Verifikasi Indonesia Pintar dimana disitu ada berbagai tabel dengan gambar pie chartsnya yaitu:
Tabel Rekap Penjaringan Nasional
Tabel ini berisi ringkasan keseluruhan penjaringan program indonesia pintar dalam cakupan nasional.
Tabel Rekap Penjaringan Provinsi
Tabel ini berisi ringkasan keseluruhan penjaringan program indonesia pintar dalam cakupan provinsi yang dipilih user.
Tabel Rekap Penjaringan Kabupaten/Kota
Tabel ini berisi ringkasan keseluruhan penjaringan program indonesia pintar dalam cakupan kabupaten/kota yang dipilih user.
Masuk ke dashboard Penjaringan, maka akan muncul dua pilihan yaitu:
Upload Penjaringan PIP
Penjaringan data PIP ini dilakukan dengan cara mengirimkan data file dari komputer user ke dalam data warehouse yang terhubung dalam jaringan network atau internet. File yang bisa diupload dalam bentuk format excel.
Input Penjaringan PIP
Penjaringan data PIP ini berdasarkan hasil dari penjaringan data warehouse dimana data siswa tersebut berhak diusulkan tetapi belum diusulkan oleh user dapodik. Jika terjadi hal yang demikian, maka siswa tersebut berhak diusulkan dengan cara mengisi lengkap datanya.
Beralih ke dashboard Validasi, disinilah inti dari aplikasi ini yaitu utk memverifikasikan dan memvalidasikan data. Setelah masuk ke halaman dari menu validasi, isikan Tahun, Semester, Provinsi, Kabupaten/Kota sesuai dengan kebutuhan dan daerah unit kerja rekan-rekan operator sekolah bertugas, kemudian cari satuan unit kerja rekan-rekan bertugas klik hingga tercentang pada baris yang tertulis satuan unit kerja rekan-rekan bertugas.
maka akan muncul halaman baru dengan tampilan ada dua daftar tabel yang berbeda dimana sebelah kiri adalah Daftar Penjaringan dan sebelah kanan adalah Daftar Penerima. Jika semua data siswa penjaringan pip ini sudah clear, maka centangkan semua data siswa yang ada pada tabel Daftar Penjaringan disebelah kiri. Kemudian klik tombol validasi hingga semua data siswa berpindah ke tabel sebelah kanan yaitu Daftar Penerima. Bila terjadi kesalahan, rekan-rekan operator sekolah bisa membatalkan diatas tabel Daftar Penerima.
Kemudian kita masuk ke dalam menu dashboard Laporan, dimana disitu ada empat menu pilihan diantaranya:
Laporan Rekapitulasi Penerima
Laporan ini berisi ringkasan semua data siswa-siswi yang menerima Program Indonesia Pintar.
Laporan Rekapitulasi Usulan
Laporan ini berisi ringkasan semua data siswa-siswi yang masih diusulkan Program Indonesia Pintar, perlu untuk diverifikasi dan validasi data tersebut menjadi penerima.
Laporan Rekapitulasi Verifikasi KPS
Laporan ini berisi ringkasan semua data siswa-siswi yang KPSnya tidak valid atau duplikat.
Laporan ini berisi ringkasan semua data siswa-siswi yang KPSnya tidak valid atau duplikat.
Laporan Rekapitulasi Validasi Ulang KPS
Laporan ini berisi ringkasan semua data siswa-siswi yang berbeda dengan data di warehouse dengan didapodik.
Itulah manual aplikasi Verifikasi Indonesia Pintar versi penulis, jika masih ada yang kekurangan atau kesilapan, itu karena penulis hanyalah manusia biasa. Penulis berharap masukkan dan sarannya kepada rekan-rekan operator sekolah untuk membuat artikel ini sempurna. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan operator sekolah. Terima kasih...
Salam Satu Data
Salam Satu Data
maaf pak, bisa dijelaskan lebih rincigak file excel yang di input itu berisikan data apa...
ReplyDeleteUntuk visual belum bisa saya kasih pak / ibu karena jaringannya VIP sedang tinggi traficnya, saya akan coba dengan cara tulisan saja untuk sementara
Delete1. Masuk ke halaman http://pip.kemdikbud.go.id/
2. Klik Penjaringan, lalu klik Upload Penjaringan di dashboard
3. Isikan Jenjang Pendidikan, Tahun, Semester, Provinsi, Kabupaten/Kota sesuai dengan sekolah bapak/ibu
4. Cari Sekolah instansi bapak/ibu bekerja, setelah itu centangkan
5. Lihat kolom data siswa, klik tanda garis tanda panah ke bawah yang sesuai dengan sekolah instansi bapak ibu
6. Setelah terdownload, buka file hasil download tersebut
7. Setelah terbuka filenya, isikan dikolom Tahap, Status Siswa, Diusulkan
Tahap: Isikan Tahap I untuk tahun 2014//2015, Tahap II untuk tahun 2015/2016
Status Siswa: Isikan FUS
Diusulkan: Isikan Ya
8. Setelah selesai diisi, simpan hasil file tersebut
9. Buka lagi aplikasi VIP tempat dimana kita mendownload data tadi
10. Cari tombol tambah, sebelah kiri bawah kemudian diklik.
11. Maka akan muncul tab kecil, isikan tahapnya sesuai dengan tahap yang diisi tadi, terus klik tombol "..." untuk membuka file yang akan diupload.
12. Cari filenya, setelah itu klik open, kemudian klik upload.
13. Tunggu hasil dari penguploadan data kita yang dimasukkan tadi, setelah masuk langsung validasikan data tersebut
Maaf belum bisa kasih visual karena aplikasi VIP traficnya sedang tinggi, mudah-mudahan bisa memuaskan bapak/ibu, sekian dan terima kasih