Friday, May 15, 2015

TUTORIAL VERVAL PTK



Pernahkah rekan-rekan operator sekolah membuka Verval PTK? Ada yang pernah ada juga yang belum sama sekali, oleh karena itu lah penulis akan membahasnya dalam artikel ini. Setelah penulis teliti dan seksama Verval PTK hampir tak ada bedanya dengan Verval PD, hanya saja perbedaannya data objeknya saja. Verval PD digunakan untuk pembuatan NISN dan perbaikan data-data peserta didik, sementara Verval PTK digunakan untuk memperbaiki data-data pendidik dan tenaga kependidikan. Jika ada kesalahan dalam pengisian data-data pendidik dan tenaga kependidikan bisa diperbaiki di Verval PTK ini.

Apa-apa saja yang bisa diperbaiki di Verval PTK ini:
1. Nama
2. Tanggal Lahir
3. Tempat Lahir
4. NIK

Nah bagaimana cara memperbaikinya data-data PTK yang salah:

Pertama, kita buka situsnya Verval PTK


Kedua, isikan username dan password yang terdaftar di PDSP, kemudian klik log in. Bagi yang belum terdaftar di PDSP daftarkan terlebih dahulu di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/


Ketiga, etelah itu akan muncul halaman muka Verval PTK, Didashboard klik Edit Data terus klik Pengajuan Perubahan Nama, Tempat dan Tanggal Lahir.


Keempat, klik Pilih PTK


Kelima, muncul tab dengan daftar para PTK, setelah itu klik PTK yang akan kita rubah data-datanya lalu klik tombol ok.


Keenam, keluar halaman untuk pengajuan perubahan nama dan tempat tanggal lahir, disitu kita isi perubahan data yang sesuai dengan data dokumen perubahan seperti Akta Kelahiran atau Kartu Keluarga, sama halnya dengan Verval PD jika terjadi kesalahan dalam Nama, Tempat dan Tanggal Lahir maka dokumen perubahannya Akta Kelahiran, sementara kalau NIK dokumen perubahannya Kartu Keluarga. Untuk dokumen perubahannya harus discan dalam bentuk format JPG dan PNG dimana hasil scannya tidak boleh melebihi dari 1 Megabyte. Klik select lalu cari file yang ada dalam laptop atau komputer kemudian pilih, tunggu sampai selesai upload. jika ada titik merah maka upload tidak berhasil lakukan upload lagi, jika titik berwarna hijau maka upload berhasil kemudian klik pengajuan perubahan.

Setelah itu tunggu sampai pihak admin PDSP mengkonfirmasi pegajuan perubahan tersebut, caranya dengan melihat Status Pengajuan di dashboard Edit Data.

Itulah Tutorial Verval PTK yang bisa penulis share, jika masih ada yang kekurangan atau kesilapan, itu karena penulis hanyalah manusia biasa. Penulis berharap masukkan dan sarannya kepada rekan-rekan operator sekolah untuk membuat artikel ini sempurna. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan operator sekolah. Terima kasih...

Salam Satu Data

5 comments:

  1. tetap semangat ! http://sdn1karangampel.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Amank N'dank atas supportnya, semoga kita tetap terus berkarya

      Delete
  2. bagaimana kalau data ptk sdh valid,,dan ga perlu di verval. apa berpengaruh pada kualitas data ptk tersebut mohon solusi trimkasih

    ReplyDelete
  3. apakah verval ini ada hubungan dengan tunjangan sertifikasi? apabila tidak verval apakah tunjangan sertifikasi tidak keluar?

    ReplyDelete
  4. Untuk pengajuan NUPTK baru langkahnya gimana?

    ReplyDelete